Mahasiswa Kimia Mengikuti Seminar PPL (Praktek Pengalaman Kerja) 2021 Via Online

  • 26 Juni 2021
  • 03:26 WITA
  • Administrator
  • Berita

Samata-Gowa, 25 Juni 2021. Program Studi Kimia UIN Alauddin Makassar mengadakan Seminar Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) secara online dengan media Google Meet. Acara ini dilakukan sebagai sesi sharing atau berbagi pengalaman terkait PPL seperti informasi engenai bagaimana cara mengajukan surat untuk melaksanakan PPL di instansi bersangkutan dan apa saja yang dilakukan selama PPL serta persyaratan administrasi pelaksanaan PPL. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa kimia semester 5 yang telah melakukan PPL tahun ini (2021). Ketua Jurusan Kimia, Bapak Dr. H. Asri Saleh, S.Si., M.Si  turut hadir juga dalam seminar ini untuk memberikan sambutan.


Ibu Rismawati Sikanna, S.Si., M.Si selaku Sekretaris Jurusan Kimia juga turut menjadi Moderator dalam seminar ini. Beliau  menjelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat melaksanakan PPL, Capaian Pembelajaran (CP) PPL. Lebih lanjut Beliau juga menjelaskan output dan tujuan diadakannya seminar PPL 2021.


Peserta dari acara ini adalah mahasiswa kimia sebanyak 54 orang. Mahasiswa tersebut telah melaksanakan PPL di 7 instansi yang berbeda, yaitu Laboratorium Forensik Makassar, UPTD Lab. Lingkungan Hidup DPLH Prov. Sulawesi Selatan, PDAM Makassar, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (UPTD ESDM Makassar), PDAM Kab. Gowa “Tirta Jeneberang”, dan Balai Besar Pengembangan K3 (BBPK3) Makassar. Pada acara ini, narasumber berbagi pengalamannya mulai dari persiapan seperti dokumen apa saja yang perlu disiapkan hingga pelaksanaan PPL, termasuk tips-tips sederhana dalam menghadapi kondisi tertentu selama PPL.

Setelah penyampaian materi usai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh pembimbing mahasiswa PPL dan Bapak/Ibu perwakilan dari beberapa instansi.

Seminar ini ditutup dengan sesi foto bersama dan penyampaian terima kasih kepada peserta seminar, pembimbing PKL serta Bapak/Ibu perwakilan instansi.


Semoga PPL Tahun 2021 memberikan  inspirasi optimisme dan semangat kesuksesan di era New Normal dalam rangka Revolusi Industri 4.0. (Titik)