Prodi Kimia ITB dan UIN Jakarta Berbagi Pengalaman Penerapan Kurikulum MBKM pada Workshop Jurusan Kimia FST UINAM

  • 20 Agustus 2021
  • 08:53 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar baru-baru ini menyelenggarakan Workshop Kurikulum Berbasis MBKM.  Workshop ini dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 secara luring di ruang LT FST UINAM serta secara daring melalui aplikasi Zoom.

Acara dibuka oleh MC Ibu Titik Andriani, S.Si., M.Si., dosen bidang Kimia Anorganik, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Bapak Prof. Dr. Halifah Mustami, M.Pd., yang sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutan ini, Bapak Halifah Mustami memberikan motivasi dan harapan untuk kelancaran rencana penyusunan kurikulum MBKM di jurusan kimia. Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Bapak Dr. Asri Saleh, ST., M.Si. yang mengharapkan agar hasil dari workshop ini dapat segera disusun kurikulum MBKM yang sesuai standar. Dengan mengusung tema: “Implementasi MBKM dalam Kurikulum Jurusan Kimia UIN Alauddin” acara berlangsung selama dua sesi. Sesi pertama merupakan pemaparan materi tentang kurikulum MBKM dan penerapannya, sedangkan sesi kedua yaitu sharing dengan mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan kimia.

Pemaparan materi, dengan dipandu oleh moderator Ibu Amalyah Febryanti, S,Si., M.Si, dosen bidang Biokimia, menghadirkan narasumber Drs. M. Abdulkadir Martoprawiro, M.Si., Ph.D. dan Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. Pemateri pertama, Bapak Abdulkadir Martoprawiro yang merupakan dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung juga menjabat sebagai Koordinator Program Studi Kimia Institut Teknologi Sumatera, membawakan materi Revisi Kurikulum Berbasi Kampus Merdeka yang membahas antara lain tentang dasar, tujuan maupun strategi dalam penerapan kurikulum MBKM. Sedangkan pemateri kedua, Bapak La Ode Sumarlin yang merupakan Ketua Program Studi Kimia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, membawakan materi Implementasi MBKM Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang membahas tentang penerapan kurikulum MBKM yang telah dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sesi pertama ditutup dengan pemberian sertifikat secara virtual kepada kedua pemateri,

Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, perwakilan mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan serta beberapa dosen jurusan lain dalam lingkup Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Pada kesempatan ini juga, pada sesi kedua, diadakan diskusi dan sharing pendapat dengan mahasiswa, alumni, maupun pengguna lulusan dalam hal ini perwakilan dari beberapa instansi maupun industri, tentang bagaimana kompetensi lulusan yang mampu berdaya saing dengan dunia kerja agar dapat menjadi pertimbangan dalam penyusunan kurikulum MBKM di jurusan kimia.

Melalui kegiatan workshop ini, diharapkan penerapan kurikulum berbasis MBKM khususnya di Jurusan Kimia dapat segera dilaksanakan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang tertuang dalam Standar Nasional Perguruan Tinggi. [Rahmi]