APEL NOVEMBER 2023 TERLAKSANA DENGAN KHIDMAT

  • 27 November 2023
  • 01:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kimia Online - Senin, 27 November 2023 segenap sivitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar mengikuti kegiatan Apel Pagi.  Acara ini merupakan agenda rutin UIN Alauddin Makassar yang dilaksanakan tiap Senin terakhir pada bulan berjalan.  Pada pelaksanaan apel yang bertugas sebagai pelaksana apel adalah masing-masing jurusan yang mendapatkan giliran tiap bulannya. Apel November kali ini, yang bertugas sebagai pelaksana Apel adalah Jurusan Matematika. Bertindak sebagai pembina apel yakni Ketua Jurusan Matematika Ibu Wahidah Alwi, S.Si, M.Si.

Pada penyampaian amanah pembina apel, ibu Ketua Jurusan Matematika menyampaikan tiga hal yakni "Pertama, setiap dosen khususnya pada lingkup Fakultas Sains dan Teknologi hendaknya memperbaharui data pada aplikasi SISTER. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang menampung data-data dosen.  Ke depannya aplikasi ini menjadi dasar untuk kenaikan pangkat bagi tiap dosen" ujar Ibu Wahidah Alwi, S.Si, M.Si.

"Selanjutnya kedua, dalam kaitannya dengan Kurikulum Kampus Merdeka diharapkan setiap dosen membuat akun pada aplikasi PERMATA. Supaya memudahkan pelaksanaan Kurikulum MBKM ini. Tidak menutup kemungkinan ada mahasiswa PA yang memprogram mata kuliah di Universitas lain, dan juga mahasiswa dari luar kampus yang memprogramkan mata kuliah binaan di UIN Alauddin Makassar" ungkap Ibu Ketua Jurusan Matematika.

Pada akhir amanahnya pembina apel mengingatkan bahwa "Sekarang sudah jelang akhir tahun, sudah saatnya Gugus Penjaminan Mutu Tiap Jurusan melakukan evaluasi dengan menyebar survey-survey layanan. Selain itu kita sudah berada di tahun 2023, kurikulum kampus merdeka sudah dilaksanakan sejak 2021. Hal ini berarti sudah waktunya kembali melakukan peninjauan pada kurikulum ini.  Kurikulum MBKM tidak hanya berisi sebaran mata kuliah saja, namun masih banyak komponen lainnya yang perlu disempurnakan pada kurikulum ini.  Selain itu, diharapkan Bapak/Ibu Dosen untuk melengkapi silabi serta rencana pembelajaran semester (RPS)" ujar pembina apel mengakhiri amanah pada kegiatan Apel November 2023.

[Fitria Azis]