Kampus Baru, Semangat Baru: PBAK FST UIN Alauddin Tawarkan Orientasi Mendalam untuk Mahasiswa Baru

  • 03 September 2024
  • 04:32 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa, 3 September 2024 – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, menggelar kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan akademik dan budaya kampus kepada para mahasiswa baru, serta memberikan pemahaman yang mendalam tentang kehidupan di kampus dan akademik.

Acara PBAK FST ini berlangsung tanggal 3-4 September 2024, dengan rangkaian kegiatan yang meliputi sosialisasi, pawai, dan orientasi mengenai kehidupan kampus. Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen, laboran, dan staf semua jurusan yang berada di lingkup FST, termasuk dosen dan laboran Jurusan Kimia, yaitu Ibu Ummi Zahra, S.Si., M.Si.; Ibu Arfiani Nur, S.Si., M.Sc.; Ibu Andi Nurrahmah, S,Si.; dan Ibu Nur Aini, S.Si. serta mahasiswa lama yang turut berperan dalam memandu dan membimbing mahasiswa baru.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Fahmyddin A’raaf Tauhid, S.T., M.Arch, PhD, sekaligus memberikan sosialisasi mengenai kebijakan umum pengembangan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Kemudian sosialisasi mengenai kebijakan teknis bidang akademik Fakultas Sains dan Teknologi dilakukan oleh Wakil Dekan I, yaitu Dr. Ermawati, S.Pd., M.Si. Adapun kebijakan teknis bidang administrasi umum Fakultas Sains dan Teknologi disampaikan oleh Wakil Dekan II, yaitu Dr. Fatmawati Nur Khalik, S.Si., M.Si. Selanjutnya kebijakan teknis bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi disosialisasikan oleh Wakil Dekan III, yaitu Dr. Ir. Zulkarnain, AS, S.T, M.T. Sementara Kabag TU, yaitu Nurman Najib, S.Ag., MM melakukan sosialisasi mengenai administrasi dan percepatan penyelesaian studi mahasiswa.

Pada sesi selanjutnya, beberapa orientasi dan sosialisasi juga dilakukan, di antaranya pengenalan dewan kehormatan UIN Alauddin Makassar; pengenalan gender dan anak pada UIN Alauddin Makassar; sosialisasi Career Development Center UIN Alauddin Makassar; serta alumni sebagai pemantik dalam masyarakat dan menyongsong generasi emas 2045.

Dengan kegiatan PBAK, mahasiswa baru FST diharapkan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kehidupan kampus dan siap menghadapi tantangan akademik yang akan datang. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa dalam perjalanan akademik mereka dengan menyediakan berbagai sumber daya dan dukungan yang diperlukan.

Amalyah Febryanti