HASIL PELACAKAN ALUMNI 2020

  • 30 Desember 2020
  • 12:40 WITA
  • Administrator
  • Berita

1. Responden

Jumlah responden tracer study terhadap alumni sebanyak 119 orang yang terdiri dari 31 orang laki-laki (26%) dan 88 orang perempuan (74%)

2. Masa Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Survei masa tunggu dan jenis pekerjaan pertama lulusan merupakan salah satu cara mengetahui sejauh mana kualitas lulusan Jurusan Kimia UIN alauddin Makassar. Proses pencarian pekerjaan merupakan salah satu masa yang akan dijalani sebagai masa peralihan dari dunia pendidikan menuju dunia kerja. Proses pencarian kerja beragam ada yang memulai mencari pekerjaan sebelum lulus ataupun menunggu setelah lulus dan wisuda. Berdasarkan data yang diperoleh sebesar 81% dari lulusan Jurusan kimia yang bekerja mendapatkan pekerjaan pertama dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan. Hal tersebut menjadi sesuatu yang harus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan, terutama kualitas dari lulusan kita. Salah satu parameter kesuksesan suatu perguruan tinggi adalah alumninya cepat mendapat kerja. Banyaknya mahasiswa dengan masa tunggu dibawah 6 bulan diperoleh informasi bahwa jejaring alumni dan akses informasi yang memudahkan mereka mendapat pekerjaan.

3. Rata-rata pendapatan Keseluruhan Per Bulan

Pendapatan rata-rata per bulan alumni jurusan kimia sebanyak 11 % diatas UMR Makassar, 46% sesuai dengan UMR Makassar dan 43% dibawah UMR Makassar. Pendapatan alumni rata-rata yang dibawah UMR persentasinya cukup besar namun, analisis ini masih perlu dilanjutkan dengan mencocokkan dengan UMR tiap daerah tempat bekerja masing-masig. Bila dibandingan dengan daerah-daerah tempat bekerja alumni, UMR Makassar tergolong UMR yang tinggi.

4. Kategori Tempat Bekerja

Kategori tempat bekerja lulusan jurusan kimia sebanyak 44% bekerja di perusahaan swasta,
11% bekerja di lembaga pemerintah, 6% bekerja wiraswasta, 2% bekerja nirbala, 2% bekerja di institusi atau organisasi, 35% bekerja sebagai honorer dan 0% bekerja di perusahaan BUMN. Tempat bekerja alumni di perusahaan swasta presentasinya cukup besar.

5. Kesesuaian dengan Bidang Kimia

Berdasarkan data yang diperoleh dari alumni yang bekerja. Bidang pekerjaan mereka sesuai dengan bidang kimia sebanyak 73% dan selebihnya sebanyak 27% bekerja pada bidang pekerjaan yang kurang sesuai dengan bidang kimia. Dari data tersebut telihat bahwa lapangan kerja yang menyerap alumni kimia sudah tepat sarsaran dan sesuai dengan bidang yang mereka geluti.