Workshop Kalibrasi Timbangan dan Glassware Sukses Digelar oleh Jurusan Kimia dengan PT Sanmal Calibration Laboratory

  • 07 Mei 2024
  • 02:23 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kimia Online-Senin, 06 Mei 2024 Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar sukses menggelar Workshop Teknik Kalibrasi Timbangan dan Glassware bekerjasama dengan PT Sanmal Calibration Laboratory. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pihak Jurusan Kimia, HMJ Kimia dan IKA Kimia UIN Alauddin Makassar bersama PT Sanmal Calibration Laboratory. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis mahasiswa, alumni, tenaga pendidik dan tenaga laboratorium dalam melakukan kalibrasi peralatan laboratorium, terutama dalam hal timbangan dan glassware yang sangat vital dalam proses pengukuran kimia.

Kegiatan ini berlangsung secara hybrid dengan platform zoom sebagai sarana online, sementara pelaksaanaannya berlangsung di Ruang LT Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar. Workshop yang dihadiri oleh puluhan peserta ini menghadirkan pakar dari PT Sanmal Calibration Laboratory yang memiliki pengalaman luas dalam bidang kalibrasi peralatan laboratorium. Para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar kalibrasi, teknik-teknik yang digunakan, serta pentingnya kalibrasi dalam memastikan akurasi dan keandalan hasil pengukuran.

Selama workshop, peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga kesempatan untuk berpartisipasi dalam sesi praktik langsung menggunakan peralatan kalibrasi yang disediakan oleh PT Sanmal Calibration Laboratory. Ini memberikan pengalaman berharga bagi peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh dalam situasi nyata.

Ibu Ummi Zahra,M.Si Ketua Jurusan Kimia, menyampaikan apresiasi kepada PT Sanmal Calibration Laboratory atas kerjasama yang telah terjalin dalam menyelenggarakan workshop ini. Beliau juga menegaskan pentingnya pelatihan seperti ini dalam mendukung pembelajaran yang berbasis keterampilan bagi civitas akademika Jurusan Kimia.

Di akhir acara, para peserta diberikan sertifikat sebagai pengakuan atas partisipasi mereka dalam workshop. Dengan suksesnya acara ini, Jurusan Kimia berharap dapat terus menjalin kerjasama dengan PT Sanmal Calibration Laboratory dalam menghadirkan program-program pelatihan yang bermanfaat bagi civitas akademika Jurusan Kimia di masa mendatang. 

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan penyerahan sertifikat kepada narasumber.