Civitas Akademika Jurusan Kimia Mengikuti Workshop Mendeley dan Deteksi Plagiasi Turnitin

  • 28 November 2019
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kamis, 28 Nopember 2019 Civitas Akademika Jurusan Kimia mengikuti Workshop Manajemen Mendeley dan Deteksi Plagiasi Turnitin.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FST UIN Alauddin Makassar.  Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jurusan Kimia ibu Dr. Rismawati Sikanna, M.Si.  Dalam sambutannya, Ibu Risma - sapaan akrabnya menyampaikan kalau kegiatan ini merupakan kali kedua diselenggarakan oleh Jurusan Kimia dan beliau berpesan kepada peserta workshop untuk mengikuti kegiatan ini secara serius hingga akhir acara.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, staf, laboran, dan dosen berjumlah sekitar lima puluh orang.  Dan yang bertindak sebagai pemateri adalah tim dari UPT Perpustakaan.  Acara ini dilaksanakan di Ruang Multimedia LT. 3

Mendeley merupakan program yang bukan hanya berfungsi sebagai perpustakaan online.  Namun juga berfungsi sebagai sosial media yang sifatnya lebih ilmiah mampu menghubungkan antara peneliti di belahan dunia.  Bagi akademisi, program Mendeley ini menjadi kebutuhan pokok dalam hal pengaturan referensi. Sementara, Turnitin adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mendeteksi plagiasi dalam sebuah karya ilmiah.  Semakin rendah persentase dari pemeriksaan turnitin menunjukkan semakin rendahnya tingkat plagiasi suatu tulisan ilmiah.  Mari tingkatkan kualitas karya ilmiah dengan bantuan dua aplikasi ini.

Selamat berkarya.