Senior Manager PT Sucofindo Berbagi Ilmu Pada Kuliah Tamu Jurusan Kimia

  • 21 November 2020
  • 01:36 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sabtu, 21 November 2020 - Hari libur tidak menjadi halangan bagi Sivitas Akademika Jurusan Kimia Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menyelenggarakan Kuliah Tamu.  Mengusung tema "Perkembangan Aplikasi Inductively Couple Plasma (ICP) dalam Menjawab Permasalahan Cemaran Logam di Lingkungan"  dan dilaksanakan secara online dengan aplikasi zoom sebagai medianya. 

"Pada era ini laboratorium lingkungan menggunakan ICP dalam analisis kandungan unsur logam dalam sampel. Sampel dapat berupa air bersih, air limbah, limbah padat, dan limbah B3.  Pemilihan ICP dikarenakan analisa lebih cepat, bisa menganalisis semua unsur dengan satu kali pengukuran untuk puluhan jenis unsur.  Selain itu IDL (Instrument Detection Limit) ICP lebih kecil sehingga bisa menganalisis kandungan unsur logam dengan konsentrasi lebih kecil" ungkap Pemateri.  Pemateri pada kegiatan ini adalah Bapak Gassing, S.Si, Senior Manager PT Sucofindo.  Pemateri juga merupakan trainer dan konsultan pada industri dan beberapa instansi pemerintah.        

Pada kegiatan ini Bapak Gassing, S.Si  mengupas lebih jauh terkait Analisa Cemaran Logam dengan Instrumen ICP.  Beliau membahas secara detail terkait cemaran logam dalam sampel lingkungan, dokumen, penanganan standar dan glassware, persiapan sampel, jenis gangguan,  deret standar,  persiapan pengoperasian, bagian-bagian peralatan, prinsip kerja, kalkulasi data, pengukuran sampel, troubleshooting,  dan perawatan rutin ICP.

Kegiatan kuliah tamu ini tidak hanya dihadiri oleh Sivitas Akademika Jurusan Kimia, tetapi juga dihadiri oleh peserta dari berbagai industri dan instansi lain dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote. Kuliah tamu berlangsung sangat dinamis, interaktif dan dipandu oleh Ibu Firnanelty, S.Si, M.Si yang juga merupakan Dosen Kimia Bidang Anorganik.