Dosen Jurusan Kimia UIN Alauddin Makassar Berikan Kuliah di Faculty of Applied Sciences Universiti Teknologi Mara, Malaysia

  • 18 Mei 2024
  • 04:46 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kimia Online - Dosen Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Ibu  Syarifah Rabiatul Adawiah, S.Pd, M.Sc., berkesempatan memberikan materi kuliah di Faculty of Applied Sciences, Universiti Teknologi Mara (UITM), Malaysia. Kuliah yang berlangsung pada tanggal 18 Mei 2024 ini bertajuk "Physical Chemistry-Chemical Kinetics". Kegiatan ini berupa Collaborative Teaching sebagai bentuk kerjasama antara Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar dengan Faculty of Applied Sciences, Universiti Teknologi Mara (UITM).

Dalam kuliahnya, Ibu  Syarifah Rabiatul Adawiah, S.Pd, M.Sc. membahas beberapa topik utama, terkait Kinetika Kimia. Bahasan diulas dengan rinci dan memberikan wawasan tambahan kepada peserta kuliah. Kegiatan ini berlangsung secara online, dengan platform webex sebagai media daring. Bertindak sebagai moderator adalah Ibu ChM Dr Hairul Amani Abdul Hamid yang juga dari Faculty of Applied Sciences Universiti Teknologi Mara, Malaysia. Di akhir kegiatan, peserta kuliah berkesempatan mengikuti kuis terkait materi kuliah dan diberikan doorprize bagi pemilik lima nilai tertinggi.

Kuliah umum ini diakhiri dengan penyampaian dari kedua belah pihak. Dari pihak UITM diwakili oleh Prof. Madya ChM Dr. Noraini Bt. Hamzah yang menutup acara dengan harapan bahwa kerjasama antara UIN Alauddin Makassar dan UITM akan terus berkembang, khususnya dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu kimia.

Ibu Ummi Zahra, S.Si, M.Si selaku Ketua Jurusan Kimia juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas undangan dan sambutan yang hangat dari pihak UITM. "Saya berharap kolaborasi ini akan membuka lebih banyak peluang bagi pertukaran ilmu dan penelitian yang bermanfaat bagi kedua institusi," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jaringan akademik dan pertukaran ilmu pengetahuan antara universitas di Indonesia dan Malaysia, yang diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kedua negara.

Penulis: Fitria