PRODI KIMIA KEMBALI MENGHADIRKAN SEMINAR RUTIN KIMIA

  • 26 November 2023
  • 12:47 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kimia Online - Sabtu, 25/11/2023 Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar telah melangsungkan Seminar Rutin Kimia bertepatan dengan Hari Guru Nasional. Tema yang dikaji kali ini "Sintesis Hijau untuk Kimia Berkelanjutan".

Seminar rutin ini merupakan program dari Jurusan Kimia dengan menghadirkan pemateri dari tiap bidang kimia tiap periodenya. Sebagaimana kita ketahui, ilmu kimia terdiri dari lima bidang yakni kimia analitik, kimia organik, kimia fisika, biokimia, dan kimia anorganik.

Pada kegiatan kali ini, Tim Bidang Kimia Organik yang menjadi pembahas. Ibu Aisyah, S.Si, M.Si didaulat sebagai narasumber pada seminar rutin kali ini. Kurang lebih dua jam, narasumber mengupas tuntas secara detail sintesis hijau pada bidang kimia, terkhusus kimia organik sintesis.  Pemaparan awal pemateri membuka cakrawala peserta mengenai Kimia Hijau dan Kimia Lingkungan.  

Acara ini dipandu oleh Ibu Arfiani Nur, S.Si, M.Sc, selaku moderator dan juga dosen pada Bidang Kimia Organik. Sekitar 80-an peserta seminar mengikuti acara dengan antusias. Pelaksanan kegiatan ini dilaksanakan secara online dengan aplikasi Zoom sebagai media daring.

Terdapat 12 prinsip Kimia Hijau atau lazim dikenal dengan istilah Green Chemistry yakni "pencegahan, ekonomi atom, merancang sintesis dengan bahaya yang minim, desain penggunaan bahan kimia dan produk yang aman, penggunan pelarut serta kondisi reaksi, efisiensi energi, penggunaan bahan baku terbarukan, derivat kimia, penggunaan katalis, penggunaan bahan kimia dan produk yang dihasilkan mudah terdegradasi, analisis polusi dan pencegahan kecelakaan" ungkap narasumber, yang juga alumni magister Institut Teknologi Bandung ini.

Kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan lancar. Peserta dibekali materi yang bermanfaat dan sertifikat gratis. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama.

[Fitria Azis]