PLP, Analis Laboratorium, Laboran UIN Alauddin Makassar Tingkatkan Skill Melalui In House Training

  • 17 Februari 2024
  • 05:28 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kimia Online - In House Training bertajuk "Teknik Pembuatan SOP dan IK pada Laboratorium di Instansi Pendidikan Sesuai Standar Internasional" telah terlaksana di Ruang Senat Menara MIPA Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Laboratorium IPA Terpadu FMIPA UNM dengan Lab Mania Indonesia. Dihadiri sejumlah pengelola laboratorium dalam berbagai institusi, salah satunya Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Acara ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi dalam menjaga kualitas dan konsistensi pengelolaan laboratorium.

In House Traing 32 Jam Pelajaran, peserta diajak untuk memahami pentingnya SOP dan Instruksi Kerja yang baik dan sesuai standar. Kualitas laboratorium salah satunya bergantung pada SOP dan IK yang terstandarisasi. In House Training Ini memberikan platform bagi pengelola laboratorium untuk menyusun dokumentasi yang jelas dan komprehensif. Sebelum menyusun, para peserta dibekali level dokumen yang terdiri dari Manual Mutu, SOP, IK dan Rekaman. 

Kegiatan ini terdiri dari 3 sesi. Sesi pertama, penyampaian materi dari Lab Mania Indonesia dilanjutkan sesi kedua, kerja kelompok pembuatan SOP dan IK. Tidak berakhir di sesi kerja kelompok, peserta diberikan tugas mandiri terkait pembuatan SOP, IK dan Rekaman.

Acara ini tidak hanya memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada para peserta, akan tetapi juga memperkuat jaringan profesioal di antara pengelola laboratorium pada Institusi Pendidikan.

Perwakilan dari UIN Alauddin Makassar sebanyak 14 orang terdiri dari 7 Fakultas Saintek, 5 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta 2 dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.