Memastikan Kualitas Akademik: Asesor dari Jurusan Kimia UIN Alauddin Ikuti Kegiatan Penyamaan Persepsi dan Pemeriksaan Beban Kinerja Dosen

  • 03 September 2024
  • 04:25 WITA
  • Administrator
  • Berita

Makassar, 3 September 2024–Dosen Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Ibu Sjamsiah, S.Si., M.Si., Ph.D dan Ibu Dr. Rismawaty Sikanna, S.Si., M.Si. yang merupakan asesor BKD, baru-baru ini mengikuti kegiatan penyamaan persepsi dan pemeriksaan Beban Kinerja Dosen (BKD) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Alauddin secara hybrid (daring via zoom dan luring di Training Center UIN Alauddin. Kegiatan ini berlangsung pada selasa 3 September 2024 dan bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman serta meningkatkan kualitas penilaian kinerja akademik.

Kegiatan penyamaan persepsi dan pemeriksaan BKD bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman dan praktik antara dosen mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan beban kerja akademik dan administratif. Hal ini mencakup penilaian kinerja, pengelolaan waktu, serta penetapan standar evaluasi yang konsisten.

Dalam sambutannya, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes., menekankan pentingnya kegiatan ini untuk memastikan bahwa semua dosen memahami kebijakan terbaru dan dapat menerapkannya secara efektif dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Beliau juga menyoroti peran penting dosen dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mendukung pengembangan mahasiswa.

Selama kegiatan, para asesor mengikuti serangkaian sesi yang meliputi:

Workshop penyamaan persepsi: Diskusi mendalam mengenai kebijakan akademik, prosedur evaluasi, dan standar kinerja yang harus diikuti oleh dosen.

Pemeriksaan beban kinerja: Evaluasi dan penyesuaian beban kerja dosen untuk memastikan keselarasan antara tuntutan akademik dan kapasitas individual.

Sesi tanya jawab: Kesempatan bagi dosen untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan klarifikasi mengenai prosedur dan kebijakan terkait beban kerja dan penilaian kinerja.

Para asesor, khususnya dari Jurusan Kimia, menyambut baik kegiatan ini sebagai kesempatan untuk memperjelas pemahaman dan meningkatkan kualitas kinerja mereka. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa semua berada pada jalur yang sama dalam hal standar dan ekspektasi akademik. Dengan adanya penyamaan persepsi ini, pelaksanaan tugas dapat lebih efektif dan mendukung pengembangan akademik"

Kegiatan penyamaan persepsi dan pemeriksaan beban kinerja dosen diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengajaran serta administratif. Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar berkomitmen untuk terus mendukung para dosen dalam upaya mereka untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.